Unisma Gandeng Minhaj Welfare Foundation Inggris dan Minhaj University Lahore Pakistan

Malang – Universitas Islam Malang atau Unisma melaksanakan kegiatan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Minhaj Welfare Foundation, Inggris, dan Minhaj University Pakistan di ruang Pusat Studi Jawa Timur Lantai 3 Gedung Pascasarjana Universitas Islam Malang, pada Sabtu (10/2/2024)

Mewakili Minhaj Welfare Foundation Inggris hadir Mr. Faisal Hussain, selaku Managing Director, Mr. Adnan Sohail selaku Director Operations, dan Mr. Muhammad Imran Qureshi selaku Director Finance.

Sedangkan dari Minhaj University Lahore Pakistan dihadiri Dr. Khurram Shahzad. Sementara Rektor UNISMA Malang diwakili Direktur Program Pascasarjana, Prof. M. Mas’ud Said, M.M., Ph.D yang juga merupakan Ketua Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Jawa Timur.

Setelah penandatanganan MoU, kegiatan dilanjutkan dengan Focus Group Discussion (FGD) tentang Islam di Eropa. Terutama di Inggris dan rencana tindak lanjut kerja sama antara kedua belah pihak. Di antaranya rencana pelaksanaan Young Ulama Exchange dan English for Ulama program.

Mr. Faisal Hussain selaku Managing Director Minhaj Welfare Foundation Inggris menyampaikan, kegiatan ini merupakan serangkaian kunjungan ke Indonesia. Di antaranya ke Pemerintah Provinsi Jawa Barat, Pemerintah Provinsi Jawa Timur serta Universitas Islam Malang dan Ikatan Sarjana Nahdatul Ulama (ISNU) Jawa Timur.

Selain itu, Dr. Khurram Shahzad menjelaskan tentang Minhaj University Pakistan dan berbagai peluang kolaborasi yang bisa dilakukan dengan Unisma. Di antaranya joint research, joint publication, joint guest lecture serta kerja sama penguatan tridharma perguruan tinggi bagi civitas akademika Unisma.

Pada saat kegiatan Focus Group Discussion, Mr. Adnan Sohail memberikan wawasan tentang Islam di Eropa terutama di Inggris bagi mahasiswa program Hukum Keluarga Islam dan Program Pendidikan Agama Islam, program S2 dan S3 Pascasarjana Unisma Malang.

Mr. Adnan menyampaikan, Indonesia memiliki posisi yang sangat strategis karena merupakan negara dengan mayoritas Islam terbesar di dunia. “Dengan melakukan MoU dan FGD dengan Minhaj Welfare Foundation, diharapkan bisa momentum baik untuk diwujudkan dalam mengembangkan Unisma Malang dan dakwah Islam yang rahmatan lil alamin bisa lebih berkembang dan meluas” tambah Prof Mas’ud Said, Direktur Program Pascasarjana Unisma.

sumber : tugumalang